Nusantara

Jelang Libur Natal, Pemkot Kediri Perketat Prokes Pusat Belanja

INDOPOSCO.ID-Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, akan memperketat penerapan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan terutama menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dokter Fauzan Adima mengatakan pihaknya menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022. Petugas medis akan melakukan rapid test secara acak kepada pengunjung serta karyawan di pusat perbelanjaan.

“Rencananya kegiatan ini akan dilakukan secara berkala hingga H-7. Kami juga fokuskan pengecekan di titik-titik check poin atau pintu masuk menuju Kota Kediri. Nanti di titik tersebut akan dilakukan swab test dan pengecekan kepada pelaku perjalanan yang belum melakukan vaksin,” tuturnya di Kediri, Sabtu.

Pihaknya akan mengambil 50 sampel di setiap tempat. Jika nantinya terdapat sampel yang terindikasi positif Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Kediri juga akan langsung menghubungi kepada pihak yang terindikasi positif agar segera bisa ditangani lebih lanjut.

“Jadi nantinya jika kita mendapati sampel yang membuktikan hasil positif Covid-19, kami langsung menghubungi pihak yang terindikasi positif agar dilakukan penanganan lebih lanjut. Kami ingin mengupayakan kegiatan ini bisa efektif untuk menekan lonjakan kasus gelombang ketiga Covid-19,” tutur dia.

Selain melakukan pengawasan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan, nantinya tempat-tempat wisata di Kota Kediri juga perlu dilakukan pengecekan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button