Nusantara

Hasil Survei IPO, Masyarakat Banten Puas dengan Kepemimpinan WH-Andika

INDOPOSCO.ID – Sebagian besar masyarakat Banten mengaku puas dengan kepemimpinan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) dan Wakil Gubernur Andika Hazrumy (WH-Andika).

Hal itu terlihat dari hasil survei yang dilakukan oleh Indonesia Political Opinion (IPO) pada periode 29 November 2021 sampai 2 Desember 2021 dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling (MRS), yang tersebar di sejumlah desa dan kelurahan secara acak dan proporsional dengan tingkat akurasi data 95 persen.

Lembaga riset yang sejak tahun 2013 berkecimpung dalam persoalan kemasyarakatan, sosial, ekonomi dan politik ini menghasilkan sebuah analisa ilmiah bahwa secara umum tergambar kepuasan publik terkait kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mendominasi dengan persentase mencapai 63 persen, jauh lebih tinggi dibanding kepuasan publik pada pemerintah pusat yang hanya 51 persen.

Baca Juga : Dibangun Era WH-Andika, Banten Miliki Stadion Bertaraf Internasional

“Kepuasan itu meliputi tiga item kategori, pertama kepuasan terhadap distribusi bantuan sosial (Bansos) yang mencapai 62 persen, lalu kepuasan stabilitas harga yang mencapai 53 persen dan kepuasan terhadap situasi politik/hukum yang mencapai 51 persen,” kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah Putra, Minggu (12/12/2021).

Kepuasan masyarakat Banten juga terlihat dari penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh Gubernur WH yang mendapat skor 69 persen atau masuk dalam grade sangat baik.

“Hal itu dipengaruhi oleh persepsi masyarakat terhadap kepuasan pada pelayanan kesehatan sebesar 61 persen, keterbukaan informasi publik terkait penanganan pandemi 74 persen, ketegasan dalam implementasi kebijakan PSBB (Pembataan Sosial Berskala Besar) atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebesar 53 persen,” ujar Dedi.

Baca Juga : Pemprov Banten Raih Penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM

Menurut Dedi, hasil di atas satu garis lurus dengan tingkat pemahaman masyarakat Banten yang cukup tinggi dalam memahami berbagai kebijakan Pemprov Banten baik itu PSBB maupun PPKM dalam upaya proses penanganan Pandemi Covid-19.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button