Nusantara

Akademisi Heran, Ada Lembaga Survei Mengatakan Masyarakat Banten Puas Kinerja Gubernur

Selain itu kata Ikhsan, bagaimana pula mengukur pemulihan ekonomi masyarakat Banten yang stagnan di masa pandemi Covid-19, dan bagaimana mengukur kasus korupsi di masa Covid, serta bagaimana mengukur kasus kasus di birokrasi.

”Jangan sampai terkesan, hasil survei itu menggiring opini, jika Andika tidak berpasamgan dengan pak Wahidin yang memiliki tingkat keterpilihan 41,3 persen akan kalah jika berpasangan dengan Rano Karno yang hanya memiliki tingkat keterpilihan 13,3 persen,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam riliis yang dibagikan oleh Humas Pemprov Benten menyebutkan, dalam berbagai aspek, masyarakat puas dengan kepemimpinan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Kepuasan itu terlihat dari hasil survei yang dilakukan oleh Indonesia Political Opinion (IPO) pada periode 29 November 2021 s.d 2 Desember 2021 dengan menggunakan pendekatan teknik Multistage Random Sampling (MRS), yang tersebar di sejumlah Desa dan Kelurahan secara acak dan proporsional dengan tingkat akurasi data 95 persen.

“Kepuasan itu meliputi tiga item kategori, pertama kepuasan terhadap distribusi Bantuan Sosial (Bansos) yang mencapai 62 persen, lalu kepuasan stabilitas harga yang mencapai 53 persen dan kepuasan terhadap situasi politik/hukum yang mencapai 51 persen,” kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah Putra.

Masih dalam hasil suvey itu, kepuasan masyarakat Banten juga terlihat dari penanganan Pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh Gubernur WH yang mendapat skor 69 persen atau masuk dalam grade sangat baik.

Hal yang sama juga terjadi pada tingkat kepuasan publik terhadap hasil kinerja yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. Tingkat kepuasan Andika masih cukup mengimbangi Gubernur WH, sehingga kondisi ini menandai publik melihat kinerja keduanya seiring sejalan.

Makanya dalam hal politik juga, keterpilihan keduanya juga selalu ada diperingkat pertama dan kedua, dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya yang disodorkan pada saat survei dilakukan. “Jika Pilgub Banten dilakukan saat ini, 41,3 persen memilih Wahidin Halim dan 32,4 persen memilih Andika Hazrumy dan 13,3 persen memilih Rano Karno,” tuaksnya. (yas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button