Nusantara

Pemerintah Harus Serius Jaga Kelestarian Hutan Papua

INDOPOSCO.ID – Permasalahan perubahan iklim telah menjadi perhatian dunia di berbagai forum. Salah satunya, Indonesia yang memiliki wilayah hutan luas sebagai paru-paru dunia.

“Papua jadi salah satu daerah hutannya masih perawan. Memang sudah dibongkar sebagian masih belum disentuh. Kalau dibilang paru-paru dunia, hutan Papua masih banyak menyimpan banyak rahasia,”ujar Tokoh Pemuda Papua Steve Mara Steve Rick Elson Mara dalam acara daring, Minggu (28/11/2021).

Menurut dia, pemerintah harus serius melakukan penanganan hutan. Salah satunya dengan mengambil langkah strategis. “Pemerintah sudah lakukan banyak hal. Namun, jangan sampai terjadi lagi seperti beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan adanya deklarasi tertentu yang menjadi sorotan dunia. Kenapa dengan Papua, green state malah kelompok lain yang bicara,” terangnya.

Ia menyebut, setidaknya ada sumber konflik di antaranya: sumber data, nilai, kepentingan, relasi dan struktural. Ia mencontohkan, Beni Wenda berbicara tentang Papua, tapi dia tidak memahami Papua.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button