Nusantara

Gubernur Jateng Minta Masukan Buruh Sebelum Tetapkan UMK 2022

Terkait ketentuan tambahan struktur skala upah, Ganjar menyebut para buruh juga mengapresiasinya, namun buruh masih memberikan tuntutan agar struktur skala upah itu didetilkan, meskipun tidak bisa ada pada surat keputusan gubernur.

“Nah hari ini mereka kita ‘sandera’ sebentar untuk mendetailkan, maka kami minta mereka untuk rapat bersama. Masukan mereka soal struktur skala upah dan buruh dengan masa kerja di atas satu tahun itu seperti apa,” katanya.

Ganjar juga meminta agar perusahaan dan buruh harus bersikap terbuka, perusahaan yang untung harus diperlihatkan dan buruh harus tahu kondisi perusahaannya, tidak tahu itu untung ataupun rugi.

“Kami minta agar fair, perusahaan yang masih sehat, untung, tinggi mana. Ini tidak terdampak Covid-19, yang terdampak yang mana? Kalau semua ini dipukul rata, gebyah uyah semua, pasti tidak mungkin. Kalau perusahaan bangkrut, yang kena PHK siapa yang urusi. Kami sudah koordinasikan semuanya yang di-PHK itu diurusi. Bantuan ada dan sebagainya,” ujarnya.

Ganjar juga menyampaikan terima kasih karena aksi yang dilakukan oleh buruh di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah berlangsung tertib. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button