Nusantara

Kenalkan Cukai ke Masyarakat, Bea Cukai Purwokerto Manfaatkan Berbagai Media

“Memanfaatkan media seni, kami menjelaskan kepada masyarakat tentang ciri ciri rokok ilegal yang sering ditemukan di lapangan, antara lain rokok tanpa pita cukai (polos), rokok dengan pita cukai palsu, rokok dengan pita cukai bekas, dan rokok dengan pita cukai berbeda,” ungkap Erwan

Selain itu, pada Kamis (18/11/2021), dalam rangka persiapan implementasi aplikasi sistem pelaporan rokok ilegal (Siroleg), Bea Cukai Purwokerto mengadakan pelatihan Aplikasi Siroleg kepada perwakilan dari pegawai Satpol PP Pemda Banyumas, Purbalingga, dan Banjarnegara. Dalam kegiatan tersebut, Bea Cukai Purwokerto memaparkan cara penggunaan aplikasi tersebut.

Baca Juga: Bea Cukai Galakkan Sosialisasi Aturan Kepabeanan

Terkait Siroleg, Erwan menjelaskan bahwa, Siroleg merupakan integrasi sistem pengumpulan informasi rokok ilegal, pelaporan dan penyebaran informasi berbasis web. Ini adalah hasil kerjasama Bea Cukai dan Pemda sebagai program pemanfaatan DBHCHT yang akan diaplikasikan secara nasional di seluruh Indonesia.

“Kami memaparkan bagaimana cara pengisian aplikasi, mulai dari login, perekaman data temuan rokok ilegal berupa lokasi dan modus pelanggaran, geo-tagging lokasi, foto toko dan lokasi, merk rokok, pabrikan, jenis hasil tembakau, isi kemasan, hje dan jumlah kemasan, serta tindak lanjut atas informasi tersebut oleh Bea Cukai,” terangnya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang menemukan pelangaran terkait rokok ilegal agar tidak ragu menyampaikan laporan ke Kantor Bea Cukai Purwokerto ke nomor WA 0811-2624-737, atau melalui call center Bravo BC 1500225” pungkas Erwan. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button