Nusantara

Perkuat Pengawasan, Bea Cukai Kembali Jalin Sinergi Dengan Berbagai Pihak

Sementara itu dari wilayah Sulawesi Tengah, Bea Cukai Pantoloan yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora), turut hadir dalam rapat Timpora pada Rabu (17/11/2021), guna membahas isu penegakan hukum di perbatasan perairan wilayah Republik Indonesia dan pengawasan orang asing di masa pandemi covid-19, dari sudut pandang sosial politik serta kearifan lokal.

Baca Juga: Sinergi dengan Pemda dan Pemprov, Bea Cukai Akan Bangun KIHT

Perlu diketahui bahwa Sulawesi Tengah merupakan provinsi dengan wilayah terbesar di Sulawesi. Namun dari total 14 daerah, jumlah penduduk di Sulteng hanya sekitar 3 juta jiwa, dengan pengawasan 1 Polda dan 5 Kodim. Selain itu, hampir seluruh daerah memiliki pelabuhan aktif dan 8 daerah memiliki bandara.

Firman menjelaskan bahwa dalam rapat tersebut dilakukan pembahasan tentang kerja sama dalam pengawasan masuknya orang asing dan teroris ke wilayah Sulawesi Tengah.

“Dalam rapat ditekankan kepada seluruh anggota untuk selalu waspada terhadap tenaga kerja asing dan segala perilaku mencurigakan organisasi masyarakat, dikarenakan pasca Afganistan dikuasai Taliban, diindikasi masuknya jaringan teroris ke wilayah Sulawesi Tengah,” sambungnya.

“Semoga segala upaya sinergi baik antara Bea Cukai dengan berbagai pihak mampu meningkatkan pengawasan di berbagai daerah. Tidak hanya tentang pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai, namun juga tentang semua aspek keamanan negara,” pungkas Firman. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button