Nusantara

Pemenang Desa Wisata Bengkulu Jadi Percontohan

Bantuan antara antara lain berupa pelatihan usaha makanan, kerajinan serta lainnya dengan melibatkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Koperasi. “Kami telah menyiapkan program-program baik dari pemerintah Provinsi Bengkulu atau pun nasional di setiap desa untuk dilakukan,” kata Irsan seperti dikutip Antara, Jumat (19/11/2021).

Ia menambahkan bahwa seluruh OPD akan bekerja sama untuk mendukung serta mendorong pemenang 3 desa wisata tersebut menjadi percontohan desa wisata di Provinsi Bengkulu. Dukungan juga akan diserahkan dalam bentuk pendampingan untuk mendorong desa wisata menjadi lebih mandiri dengan meningkatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Mengenai mungkin pengembangan infrastruktur di desa wisata tersebut, Irsan mengatakan akan melihat anggaran 2022 mendatang. “Sebab akan disesuaikan dengan kebutuhan desa tersebut dan karena anggaran pemerintah terbatas sehingga infrastruktur tidak harus jalan, bisa saja mereka mendapat lampu tenaga surya dan lainnya,” terangnya.

Ia berharap agar ketiga desa wisata yang terpilih tersebut benar-benar menjadi contoh desa-desa yang memiliki potensi wisata untuk mengembangkan desanya masing-masing menjadi desa wisata yang mandiri seperti mendapatkan sumber pendapatan sendiri yang menopang kebutuhan di desanya masing-masing. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button