Nusantara

Korban Banjir Sintang, Kalbar Dapat Bantuan dari BWA

INDOPOSCO.ID – Sejak pertengahan Oktober 2021 banjir merendam rumah-rumah penduduk di Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar). Setidaknya ada lebih dari 21.000 unit rumah yang terdampak atau 24.552 KK atau sekitar 87.946 jiwa, yang melanda di 12 kecamatan.

Menurut Project Officer BWA Wahyu, akibat banjir ini, arus listrik harus dipadamkan untuk menghindari terjadinya konsleting dan timbulnya korban jiwa, selain itu akses jalan utama di pusat kota masih banyak yang terendam hingga sepaha orang dewasa, dampaknya kendaraan pengangkut bahan sembako belum mampu menembus banjir.

“Untuk mobilitas warga menggunakan jasa sewa perahu yang dimana mereka harus mengeluarkan biaya setiap kali ingin berpindah lokasi,” ungkapnya, Senin (15/11/2021).

Wahyu menjelaskan, BWA melalui program Sedekah Kemanusiaan kembali tergerak untuk membantu masyarakat yang terdapak banjir di Kabupaten Sintang. Melihat cukup banyaknya wilayah yang terdampak banjir membuat kami harus fokus memilih salah satu diantaranya, dan tim di lapangan memfokuskan untuk menyalurkan bantuan di Kecamatan Tempunak.

“Kecamatan Tempunak sendiri cukup parah terdampak banjir dari meluapnya sungai kapuas, ditambah lokasinya yang berada di hilir sungai Kapuas. Akses darat menuju lokasi terputus karena terendam banjir setinggi satu meter, sehingga bantuan dari pusat kota melalui kendaraan roda empat dan roda dua sekalipun sulit untuk menembus banjir, satu- satunya sarana yang dapat digunakan melalui angkutan sungai seperti kapal dan speed boat,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button