Nusantara

Museum Kretek Saatnya Jadi Magnet Wisatawan Asing

Selain itu, kata dia, Pemkab Kudus juga bisa mengundang bintang iklan maupun ahli sejarah di Tanah Air untuk hadir ke Kudus guna melihat Museum Kretek, sebagai langkah awal untuk memajukan Museum Kretek Kudus.

Baca Juga : Tanpa Promosi, Kunjungan Restoran di Kota Bogor Capai Maksimal

“Perusahaan kretek di Kudus sejak dahulu sudah memiliki pengaruh besar di level internasional. Terutama karena saat itu sudah mengimpor cengkih yang merupakan bahan baku pembuatan kretek, meskipun di Maluku juga tersedia bahan baku serupa,” ujarnya.

Menurut dia perdagangan internasional tersebut membuat kretek Kudus tidak hanya diketahui oleh nusantara tetapi juga mancanegara. Sedangkan saat ini kretek punya masa lalu yang hebat di Kudus, sedangkan saat ini Museum Kretek Kudus yang harus didorong agar lebih bermakna dan berkembang.

Ia juga mengingatkan Pemkab Kudus dalam pembangunan Museum Kretek Kudus yang diresmikan oleh Mantan Gubernur Jateng Soepardjo Rustam bulan Oktober 1986, masih ada yang belum terlaksana hingga sekarang, yakni pemberian penghargaan terhadap keluarga Jamhari sebagai penemu kretek. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button