Nusantara

Ganjar Minta Warganya Waspada Bencana Sampai 5 Bulan ke Depan

INDOPOSCO.ID – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan semua instansi dan elemen masyarakat, terutama yang bergerak di bidang kebencanaan agar siaga sampai April 2022 guna mengurangi risiko bencana saat musim hujan.

“Informasi BMKG mencatat, Jateng akan dilanda cuaca ekstrem berupa hujan lebat pada Desember nanti, Januari akan turun dan Februari akan tinggi lagi, kita harus siap siaga sampai April tahun depan dan siap menghadapi situasi yang terburuk,” katanya seperti dikutip Antara, Selasa (9/11/2021).

Hal itu disampaikan Ganjar saat memimpin apel kesiapsiagaan bencana di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah yang diikuti jajaran TNI-Polri, Kejaksaan, dan seluruh elemen kebencanaan hingga sukarelawan di Jateng.

Orang nomor satu di jajaran Pemprov Jateng itu juga memerintahkan seluruh kepala terus melakukan edukasi dan menyebarkan peta bencana sekaligus informasi kepada masyarakat.

“Gandeng aktivis dan sukarelawan kebencanaan, kelompok-kelompok masyarakat juga bisa dilibatkan untuk terus memberikan edukasi. Gunakan early warning system meskipun dengan alat sederhana, bisa kentongan, ilmu titen dan lainnya, yang masyarakat sudah paham,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button