Nusantara

Investasi di Banten Semakin Mudah Lewat Perizinan Berbasis Risiko

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi, dengan menarik para investor agar menanamkan modalnya di Provinsi Banten, serta mendorong perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Untuk memudahkan investor, Pemprov Banten melaksanakan perizinan berusaha berbasis risiko, seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021.

Perizinan berbasis risiko menjadi legalitas yang diberikan kepada para pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan usaha dan/atau kegiatannya berdasarkan tingkat potensi terjadinya cedera atau kerugian dari suatu bahaya atau kombinasi kemungkinan dan akibat bahaya.

Baca Juga : Produsen Gula Terbesar UEA Siap Investasi di Indonesia

Perizinan berbasis risiko ini diwujudkan dalam bentuk Online Single Submission (OSS) berbasis risiko atau OSS Risk Based Approach (RBA). OSS-RBA ini merupakan portal satu pintu perizinan investasi.

OSS-RBA diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai berdasarkan risiko. OSS berbasis risiko membagi tingkat perizinan menjadi tiga level antara lain rendah, menengah, dan tinggi. Setiap level memiliki syarat yang berbeda-beda.

Khusus untuk usaha berisiko tinggi akan mengacu pada pedoman Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) yang mengatur teknis perizinan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten, Komarudin mengungkapkan, pemberian izin dengan analisis berdasarkan risiko adalah salah satu komitmen dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para investor.

Baca Juga : Indonesia Raup USD44,6 Miliar Komitmen Investasi dari UEA

“Investor selalu mencari tempat investasi yang nyaman. Selain strategis, Banten memiliki dukungan infrastruktur yang sangat baik. Banten memiliki kondisi sosio ekonomi yang aman sehingga suasana sangat kondusif bagi para investor,” ujar Komarudin belum lama ini.

Ia berharap kepada seluruh investor lokal maupun luar negeri untuk tidak ragu berinvestasi di Banten.

“Kami sepenuhnya akan membantu dan mendukung para calon investor. Mulai dari sistem perizinan yang mudah, informasi potensi unggulan yang dimiliki oleh Banten dengan seluas-luasnya, serta dukungan masyarakat yang juga akan mendukung kondusifitas dalam berinvestasi,” kata Komarudin.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button