Nusantara

Politik Uang Masih Pengaruhi Dukungan Pemilih di Pilkades Lebak

Karena itu, masyarakat ingin ada perubahan dan calon kades penantang petahana potensial menghadirkan perubahan di desa tersebut.“Faktor lain yang mempengaruhi pilihan masyarakat, karena balas jasa terhadap calon kades yang berkontestasi. Misalnya, masyarakat tersebut telah dibantu dalam berbagai urusan sehari-hari,” terangnya.

Terpisah, akademisi Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro lainnya, Agus Sutisna menyatakan, ada tiga kemungkinan kenapa petahana tidak dipilih kembali masyarakat. Pertama, calon kades petahana yang tumbang tidak berkinerja baik selama memimpin dan masyarakat menghukumnya dengan cara tidak memilih kades petahana kembali. Kedua, karena literasi pilkades masyarakat yang makin baik. Mereka makin paham prinsip-prinsip elektoral termasuk pilkades bahwa soal pilihan adalah soal hak dan otonomi politik setiap orang.

“Terakhir, mungkin juga makin banyak pilihan-pilihan kandidat yang baik dan berhasil meraih kepercayaan masyarakat. Sehingga berhasil mengalahkan calon kades petahana,” paparnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lebak Ucuy Masyhuri mengajak, kepada semua calon kades yang berkontestasi di Pilkades Serentak 2021 untuk tetap menjaga situasi kondusif. Sekarang, tidak ada lagi bendera merah, biru, kuning, hijau, dan cokelat. Hanya ada satu bendera, yakni merah putih. Jika sebelumnya, masyarakat terkotak-kotak mendukung calon kades, maka setelah penetapan kades terpilih masyarakat harus bersatu.

“Tidak ada lagi perbedaan. Yang menang jangan melakukan perayaaan yang berlebihan, sedangkan yang kalah harus komitmen dengan deklarasi damai yang dibacakan sebelum pencoblosan. Semuanya harus bersatu. Tidak boleh terpecah belah atau mau dipecah belah,” ungkapnya.

Politisi Partai Demokrat ini mengapresiasi, calon kades yang legowo dan mengajak masyarakat untuk bersatu. Walaupun, ada di beberapa desa yang melakukan gugatan, karena tidak puas dengan hasil pilkades. Hal itu merupakan dinamika dalam pesta demokrasi. Dengan catatan, calon kades dan pendukungnya yang tidak puas, tidak boleh melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum yang berlaku.

“Dinamika setelah pilkades harus disikapi secara arif dan bijaksana. Kita hormati para calon kades yang berjuang tersebut. Asalkan dengan cara-cara yang baik dan tidak melanggar hukum,” tukasnya. (yas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button