Nusantara

Fasilitasi UMKM, Bea Cukai Gresik Lepas Ekspor Mangga dan Sarang Walet

INDOPOSCO.ID – Sebagai salah satu upaya dalam mendongkrak perekonomian nasional lewat ekspor, Bea Cukai terus memfasilitasi para pelaku usaha untuk dapat mewujudkan ekspor. Kali ini, Bea Cukai Gresik bersama instansi terkait melepas ekspor mangga Gresik hingga Sarang Walet dan produk olahannya.

Pelepasan ekspor mangga ke Singapura dilakukan dalam rangkaian acara kunjungan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki, ke Kabupaten Gresik pada Kamis (21/10).

Pelepasan ekspor komoditi buah mangga ini merupakan salah satu bentuk kelanjutan ekspor perdana yang telah dilakukan pada periode bulan Agustus 2021 sebelumnya, Sky Fresh Fruit selaku importir di Singapura tertarik untuk membeli kembali komoditi buah mangga dengan jenis Harum Manis (Grade A) yang diekspor oleh UD WN Mango Sultan dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Baca Juga : Dukung Pendidikan Serta Optimalkan Pengawasan dan Pertukaran Data, Bea Cukai Lakukan Sinergi

Adapun jumlah mangga sebesar 1.000 kilogram (kg)/1 MT dan nilai devisa yang dihasilkan sebesar Rp33.500.000 (USD2.362,81). Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Bea Cukai Jatim I, Padmoyo Tri Wikanto, menyampaikan, kegiatan ekspor ini terwujud berkat pendampingan yang dilakukan Klinik Ekspor pada Kantor Bea Cukai Gresik yang bersinergi dengan para stakeholder ataupun instansi terkait, seperti Kemendag, Diskoperindag, Asosiasi UMKM, serta Atase Perdagangan Singapura yang saling bekerja sama dalam menggali dan mengoptimalkan potensi pasar ekspor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Gresik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button