Nusantara

Calon Kades yang Sudah Meninggal Itu Menang Telak di Pilkades Lebak

”Memang tingkat partisipasi masyarakat cukup rendah, karena jagoannya sudah meninggal dunia.Tapi kalau almarhum masih hidup,saya yakin tingkat partisipasi pemilih bisa mencapai 90 persen,” tegasnya.

Ketika disinggung, apakah suara masyarakat yang memilih calon yang sudah meniggal dunia tidak akan sia-sia, Eli menegaskan, tidak ada satupun suara masyarakat yang memilih almarhum suaranya akan sia-sia.

”Kalau masyarakat tidak memilih almarhum, tentu desa Muara Dua akan dipimpin oleh calon lain selama 6 tahun kedepan. Tapi dengan memilih almarhum, paling lambat setahun ke depan akan dilakukan lagi pilkades dengan persyaratan dimuai dari awal lagi,” tegasnya.

Asisten Tata Pemerintahan (Assda 1) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak yang juga ketua pelaksa Pilkades serentak, Alkadri menjelaskan, terkait meninggalnya pemenang pilkades yang hanya diikuti oleh dua calon, mengacu kepada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2015 tentang pilkades, maka kemenangan Jakaria terpaksa dianulir, dan akan dilakukan pilkades ulang dengan persyaratan dimulai dari nol kembali.

”Pada Pasal 9 Perda Nomor 15 tahun 2015 menjelasan, apabila setelah proses penetapan calon kepala desa pada ayat 5 huruf f, 1 (satu) orang atau calon kades meninggal dunia yang mengakibatkan calon kades menjadi kurang dari dua orang, tahapan pemilihan kades tetap dilanjutkan,” terang dia.

“Namun,apabila dalam hasil perhutungan suara calon kades yang memperoleh suara terbanyak tersebut meninggal dunia, maka proses pilkades dihentikan dan kemenangannya dianulir,” sambungnya.

Alkadri menambahkan, agar roda pemerintahan di Desa Maura Dua tetap berjalan, maka Pemkab Lebak akan menunjuk seorang penjabat kepala desa yang berasal dari ASN Kecamatan Cikulur sambil menunggu dilaksanakannya pilkades serentak tahap kedua yang akan diselenggarakan tahun depan.

”Untuk sementara kepala desa akan dijabat oleh Pj yang berasal dari staf kecamatan untuk mempersiapkan pilkades di desa tersebut tahun depan,” tukasnya. (yas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button