Nusantara

Walmas: Kerusakan Ekologi di Walmar Parah

Slamet mengatakan, ada 3 pendekatan dalam memandang bencana Walmas yakni ciri fisik dan bentang alam, kapasitas infiltrasi, dan perlindungan serta tata mengurus sumber daya alam.

Ciri fisik dan bentang alam Lamasi merupakan wilayah dengan ketinggian 0-25 m mencakup luas 16, 58 persen 100-500 m seluas 22,03 persen. 500-1.000 seluas 18,34 persen dan di atas 1.000 m seluas 23,62 persen.
“Bentang alam di wilayah Walmas memiliki kontur bergunung dan berbukit rentan terhadap erosi. Belum lagi jika melihat tingkat kemiringan wilayah di Walmas yang cukup besar masuk kategori miring berbukit dan agak curam,” jelasnya

Ia menjelaskan,jenis tanah di Lamasi yaitu jenis latosol, tanah podsolik dan jenis tanah mediteran. “Jika dikategorikan ke dalam kelas tanah, maka diperoleh data yang menunjukkan kelas tanah di Luwu didominasi oleh lahan kelas VI atau jenis tanah yang rawan longsor,” ungkapnya.

Berita Terkait

Slamet menambahkan, DAS Lamasi berada di tiga wilayah administrasi, yakni Toraja Utara, Kabupaten Luwu, dan Kabupaten Luwu Utara. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button