Nusantara

UNJ Ciptakan Desa Kamarang Cirebon Menjadi Desa Wisata

Lala menjelaskan, kegiatan pengabdian yang dilaksanakan pada 5 – 30 September 2021 ini diikuti 25 peserta dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), tokoh masyarakat, tokoh budaya serta ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Sementara itu, Kepala Desa Kamarang, Endang Kusnandar mengatakan, program yang dilaksanakan oleh Prodi Perjalanan Wisata UNJ ini sangat membantu masyarakat Desa Kamarang.

“Kami ingin Desa Kamarang menjadi Desa Wisata, tetapi selama ini kami dan masyarakat masih bingung bagaimana memulai menjadi desa wisata, tetapi dengan adanya program dari UNJ ini, kami sangat terbantu. Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada UNJ, khususnya Prodi Perjalanan Wisata yang melakukan pengabdian dengan memberikan pelatihan tentang sadar wisata, sehingga kami masyarakat dan para penggiat pariwisata di Desa Kamarang memperoleh pengetahuan tentang bagaimana konsep desa wisata, sadar wisata, dan bagaimana mengelola potensi lokal yang kami miliki,” paparnya.

Endang berharap UNJ terus mendampingi dalam mempersiapkan Desa Kamarang menjadi Desa Wisata. Harapannya desa tersebut dikunjungi wisatawan ke depannya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Desa Kamarang, Khanif Kurniawan menyatakan, sebagai lembaga yang dibentuk untuk mengelola pariwisata di Desa Kamarang pihaknya belum paham tentang langkah apa yang harus dilakukan dalam mengelola pariwisata.

“Dengan adanya pelatihan yang diberikan oleh UNJ kita mendapatkan contoh bagaimana cara mengelola desa wisata, seperti yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Cisaat di Kabupaten Subang dari situ kami akan mencontoh program kerja Pokdarwis Desa Cisaat untuk persiapanDesa Kamarang menjadi desa wisata,” katanya.(yas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button