Nusantara

Bupati Serang Dorong Kebangkitan UMKM di Tengah Pandemi

Sementara dalam pertemuan tersebut, Founder Graha Kreatif, Johani Fauzi memaparkan berbagai konsep pengembangan UMKM. Mulai dari sisi modal, kualitas produk, hingga pemasaran. Ia pun memberikan masukan tentang pembagian peran, antara pelaku UMKM, pemerintah daerah, dan lembaga permodalan.

Bukan hanya itu, ia pun memaparkan konsep permodalan melalui konsep bank sampah yang dilakukannya. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pendampingan dan pelatihan dari Graha Kreatif, bisa melalui konsep pengelolaan sampah secara mandiri.

Bahkan ia memfasilitasi desa untuk mendapat internet gratis sistem take and give persampahan.

“Saat ini,Graha Kreatif menciptakan warga Kampung Pasir Buyut, Kecamatan Jawilan menjadi sumber daya manusia yang unggul dan mandiri,” ujarnya.

Melalui komunitas yang didirikannya, Johani menyediakan berbagai pelatihan bagi masyarakat, mulai dari sistem informasi teknologi, pertanian, peternakan, digital marketing, programmer, Bahasa Inggris, dan pemasaran produk UMKM. Melalui Join’s Mart, Johani juga mendorong kegiatan social preneur masyarakat.

Berbagai produk UMKM diciptakan dari telur ayam, telur puyuh, makanan olahan burung puyuh, beras lokal, aneka keripik, hingga kerajinan tangan dari bahan kayu.

“Kami menangkap berbagai ide dari Ibu Bupati yang luar biasa soal pengembangan UMKM. Kami yakin, jika sinergi dilakukan antara pelaku UMKM, pemerintah daerah, hingga pemberi modal, maka ekonomi masyarakat akan bangkit dan maju,” ujar Johani. (dam)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button