Nusantara

Wisata Berbasis Heritage Jadi Kebangkitan Ekonomi Solo

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan eksplorasi wisata berbasis heritage, salah satunya batik, menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi kreatif di Kota Solo, Jawa Tengah, pascapandemi COVID-19.

“Ini merupakan kesan mendalam, melihat wisata berbasis heritage yakni batik,” kata Sandiaga pada kunjungannya ke Pameran “Living in Heritage” di Ndalem Wuryo Ningratan atau House of Danar Hadi Solo, Sabtu.

Ia mengatakan di Danar Hadi, wisatawan dapat melihat satu kearifan lokal dan pelestarian budaya Indonesia. Dengan mengandalkan museum batik, Danar Hadi bisa menjadi salah pilihan destinasi wisata.

“Ini jadi satu awal kebangkitan dari ekonomi kreatif kita, pariwisata kita. Apalagi dari sisi lapangan kerja sebanyak 2.000 orang yang ada dalam grup Danar Hadi. (Operasional) Danar Hadi sendiri tergantung dari alur wisatawan,” katanya.

Secara umum, dikatakannya, Kota Solo merupakan salah satu daerah yang perekonomiannya mengandalkan pariwisata dan ekonomi kreatif.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button