Nusantara

121 Desa di Bengkulu Tengah Rawan Bencana

INDOPOSCO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu mengatakan kalau ada 121 desa rawan bencana alam di wilayah itu yang terdiri dari 70 desa rawan bencana longsor, 33 desa rawan banjir, 11 desa rawan ancaman tsunami serta 7 desa rawan terjadi angin puting beliung.

Kepala BPBD Bengkulu Tengah, Samsul Bahri berkata kalau data sementara tersebut berdasarkan identifikasi tim BPBD terhadap daerah-daerah yang kategori rawan bencana alam. “Sudah dilakukan identifikasi untuk memetakan, mana saja desa yang rawan bencana alam,” tutur Samsul seperti dikutip Antara, Kamis (7/10/2022).

Dia menambahkan kalau hal tersebut sangat penting dilakukan agar ke depannya pemerintah dan masyarakat dapat mengantisipasi kejadian bencana alam sehingga risiko dapat ditekan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Bengkulu Tengah, Andri Edo Saputra menjelaskan jika data tersebut menjadi acuan bagi pemerintah untuk mengajukan bantuan ke provinsi ataupun pusat seperti pembangunan pelapis tebing di Kawasan Taba Penanjung guna menghindari kejadian longsor seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Seperti longsor, di sisi jalan perlu ada tembok penahan longsor, sehingga tidak sampai menutupi akses jalan,” ucapnya.

Dia mengatakan disaat ini Pemkab Bengkulu Tengah telah memiliki bangunan shelter di Desa Pondok Kelapa yang berfungsi sebagai lokasi pengungsian apabila sewaktu- waktu terjadi bencana. Bangunan itu memiliki kapasitas 500 orang serta sudah diisi dengan berbagai perlengkapan seperti kapal dan perahu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button