Nusantara

Jambi Siapkan Geopark Merangin Masuk Daftar UNESCO

Dengan dijadikan objek wisata akan menarik turis datang, sehingga akan mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat dan bisa menambah pemasukan. Tidak hanya wisata Geopark, namun juga dipadukan dengan wisata budaya dan kuliner serta kebajikan masyarakat setempat, sehingga akan menambah nilai jual destinasi wisata Geopark Merangin.

Pada tahun 2014, Geopark Merangin telah diusulkan menjadi situs peninggalan dunia Unesco. Namun Geopark Merangin masih belum penuhi standar evaluasi yang di tetapkan oleh Unesco. Dimana belum ada batas kawasan yang jelas dari Geopark Merangin, dimana kawasan Geopark Merangin sangat luas.

Tidak hanya itu, ucap ia, infrastruktur dan sarana penunjang masih kurang mencukupi. Kemudian perlu pembinaan terhadap masyarakat setempat untuk melayani wisata yang datang.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Sri Purnama Syam mengatakan Geopark Merangin merupakan salah satu solusi pengganti untuk membangkitkan ekonomi daerah. Kekayaan alam dan budaya yang ada di Kawasan Geopark Merangin tidak hanya meningkatkan ekonomi masyarakat, namun juga meningkatkan perekonomian daerah.

“Geopark Merangin Jambi sudah layak menjadi Unesco Global Geopark, karena memiliki situs warisan geologi tertua di Asia (Air Batu dsk). Kemudian merupakan kantong budaya prasejarah Indonesia (Tiongkok-Serampas), rumah bagi spesies kunci berstatus Endangered (IUCN), dan Tropical Rainfrest Heritage of Sumatera (TNKS),” ucap Sri Purnama Syam. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button