Nusantara

Jambi Siapkan Geopark Merangin Masuk Daftar UNESCO

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi Jambi melakukan persiapan untuk melakukan kajian terhadap Geopark Merangin dalam rangka mendukung kawasan wisata alam tersebut dapat masuk ke dalam daftar Unesco Global Geopark (UGG).

“Kita perlu mempersiapkan segala kajian baik dari sisi sejarah, budaya, seni, sosial, ekonomi hingga kearifan lokal dalam pengelolaan Geopark Merangin,” ucap Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Selasa.

Pemerintah Provinsi Jambi mendorong Pemerintah Kabupaten Merangin melalui Dinas Pariwisata dan tim ahli untuk menata strategi dalam mempersiapkan Geopark Merangin menuju Unesco Global Geopark (UGG). Sehingga perlu dilakukan perbaikan terhadap tahapan- tahapan evaluasi yang akan dilakukan oleh Unesco.

Al Haris menarangkan Geopark Merangin yang sudah resmi ditetapkan menjadi kawasan Geopark Nasional, saat ini berjalan maju UGG. Untuk itu Pemerintah Provinsi Jambi mensupport Kabupaten Merangin menggelar rapat untuk membahas permasalahan- permasalahan sebagai konsep aksi dalam percepatan pengembangan Geopark Merangin Menuju UGG.

Geopark Merangin adalah taman bumi yang mempunyai nilai sejarah yang historis terdiri fosil- fosil dan lempengan adegan bumi tertua di dunia. Fosil dan lempengan adegan bumi tersebut serupa dan bahkan sama tua dengan bebatuan yang ada di web bersejarah di Cina. Fosil bebatuan tersebut diperkirakan berumur 300 juta tahun lebih.

“Ini merupakan barang langka dan unik serta menarik, perlu menjadi suatu nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar dengan dijadikan objek wisata,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button