Nusantara

Ancaman Kepunahan Gajah Warnai Hari Satwa Sedunia

INDOPOSCO.ID – Sikap dan aksi keprihatinan atas ancaman kepunahan gajah di Indonesia mewarnai peringatan Hari Satwa sedunia.

“Peringatan Hari Satwa Sedunia yang jatuh pada 4 Oktober memunculkan catatan kritis tentang gajah yang semakin rentan karena perburuan liar di dalam kawasan konservasi,” kata Ketua Umum Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia (The Society of Indonesia Environmental Journalists (SIEJ) Rahmawati seperti dikutip Antara, Minggu (3/10/2021).

Dia mengatakan, jurnalis harus senantiasa mengkampanyekan pentingnya perlindungan satwa, apalagi yang berada di ambang kepunahan seperti gajah, harimau, anoa, burung cendrawasih dan satwa lainnya.

Berita Terkait

Berdasarkan data Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Provinsi Lampung, salah satu rumah bagi fauna yang terancam punah (critically endangered) itu, dari hasil survei DNA populasi gajah pada tahun 2010 yang dilakukan Wildlife Conservation Society (WCS) secara keseluruhan terdapat 247 ekor gajah di tahun tersebut.

Namun pada pendataan 2020 hasil dengan dari metode GPS collar yaitu pemantauan Elephant Response Unit (ERU) TNWK dari kelompok gajah yang ada, tercatat hanya 180 ekor yang eksis dan 67 ekor gajah tidak terpantau.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button