Nusantara

Baznas Apresiasi Pengumpulan Sedekah ASN Banten

”Bukan bermaksud membanding-bandingan dengan kepala daerah yang terdahulu.Namun,hanya di zaman pak WH dan pak Andika lah kesejahteraan guru, pengawas dan kepala sekolah meningkat, dengan besarnya uang Tukin yang didapat,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Panitia HUT ke21 Banten, Deni Hermawan menegaskan, dalam pengumpulan sedekah dari ASN Banten tidak ada sama keharusan dan hanya bersifat imbauan.

Menurut Deni yang juga Asisten Daerah (Asda) III Pemprov Banten ini, uang yang terkumpul dalam sedekah ASN itu akan dikonversikan dalam bentuk Paket sembako yang disiapkan oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Banten. Hal ini sebagai ungkapan rasa syukur pada HUT ke-21 Provinsi Banten.

Paket sembako yang terkumpul dari sumbangan para ASN di lingkungan Pemprov Banten tersebut nantinya akan didistribusikan ke masyarakat yang tidak mampu atau terdampak Covid-19 yang tersebar di seluruh wilayah Banten.

“Pengumpulan paket sembako ini bentuknya sukarela, tidak diwajibkan. Panitia perayaan HUT Provinsi Banten tidak pernah mengeluarkan surat resmi terkait bantuan dari ASN itu. Ini hanya berupa imbauan. Kalau pun ada yang tidak memberikan sumbangan, tidak jadi masalah. Namanya sedekah, yah sukarela, tidak diwajibkan,” ujar mantan Sekretaris DPRD Banten ini.

Lebih jauh Deni menjelaskan, dana sumbangan dari masing-masing ASN ini dikumpulkan lewat OPD masing-masing dan langsung dibelanjakan ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Agrobisnis Banten Mandiri (ABM).

“Jadi dana yang terkumpul itu tidak disetorkan ke panitia HUT Banten ke-21. Semua OPD langsung membelanjakannya ke BUMD PT ABM,” jelasnya.

Lalu, kata Deni, mungkin ada pertanyaan mengapa harus lewat BUMD PT. ABM, karena BUMD tersebut milik Pemprov Banten dan masih baru sehingga butuh support dari seluruh ASN di Banten.

“Mungkin ada pertanyaan lagi, PT ABM kan ada dana Corporate Social Responsibility (CSR). Jadi, PT ABM ini merupakan BUMD baru, belum memperoleh keuntungan sehingga belum ada dana CSR-nya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Deni mengatakan, pengumpulan paket sembako untuk sedekah ini juga didukung oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten. Baznas Banten juga mengeluarkan dana untuk paket sembako tersebut.(yas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button