Nusantara

Presiden Bagikan Sertifikat Redistribusi ke Warga Adat Citorek

Menurut Agus, pertimbangan lain kenapa Citorek kembali menjadi lokasi redistribusi tanah, karena merupakan lanjutan dari tata batas TNGHS yang sudah dilakukan sejak tahun 2018, kemudian kelanjutan dari kegiatan redistribusi di tahun 2020, sehingga tahun 2021 ini diharapkan 5 desa di Citorek menjadi ‘Desa Lengkap Terpetakan’.

Agus menambahkan, selain menjadi lokasi redistribusi tanah, daerah yang berada di sekitar lokasi redistribusi di Citorek juga ditetapkan menjadi lokasi PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap), sehingga tahun 2021 ini sebanyak 5 Desa Citorek akan menjadi desa lengkap terpetakan.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Pemberdayaan Kanwil BPN Banten Farida Widyatarti menjelaskan, program redistribusi tanah di Banten tahun anggaran 2021 ini memiliki target sebanyak 5 ribu bidang yang tersebar di Kabupaten Lebak, Pandeglang, dan Serang. ”Alhamdulillah, meski dalam masa Pandemi Covid 19. Namun berkat kerja keras dan dukungan semua pihak, dengan tetap mematahui protokol kesehatan, kami berhasil menerbitkan sertifikat sebanyak 1.600 bidang dalam triwulan ketiga di Kabupaten Lebak,” ujar Farida.

Ia mengatakan, kondisi Pandemi Covid 19 dan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) tidak menjadi kendala dalam mencapai target penyelesaian progfran redistrubusi, karena pihaknya terus melakukan pengukuran bidang tanah dan pengumpulan data fisik atau data yuridis secara simultan yang mulai dilaksanakan pada awal Februari 2021 lalu.”Karena adanya Pademi Covid 19 plus PPKM, petugas kami terpaksa melakukan sosialisasi dan pengumpulan data fisik secara door to door agar target bisa tercapai,” ungkapnya.

Farida menambahkan, tujuan penerbitan sertifikat di tata batas hutan TNGHS itu adalah, dalam upaya mendukung peningkatan ekonomi masyarakat dan memberikan kepastian hukum atas hak kepemilikan tanah. ”Agar masyarakat memiliki kepastian hukum atas tanah mereka,seta meningkaykan perkeniniman masyarakat,Sebab,dengan adanya sertifiat tanah harga nilai jual tanah menjadi lebih tinggi,” tuturnya. (yas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button