Nusantara

Pengangguran di Sulawesi Tengah Kebanyakan Lulusan SMK

Ia melaporkan kesempatan bekerja di Sulteng lumayan besar mengingat Sulteng memilki satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kota Palu dan kawasan industri di Kabupaten Morowali.

KEK di Kota Palu diproyeksikan dapat menarik pemodalan sebesar Rp 92, 4 triliun dan diproyeksikan dapat menyerap tenaga kerja sebesar 97. 500 orang hingga tahun 2025. Berdasarkan potensi dan keunggulan geostrategis yang dipunyai, KEK Palu mempunyai beberapa bisnis utama, seperti nikel, bijih besi, kakao, rumput laut serta rotan.

“Namun KEK Palu juga memberikan peluang bagi pengembangan aneka industri lainnya sebagai bisnis pendukung, yaitu industri pengolahan karet, kelapa, manufaktur dan logistik,” ucapnya.

Kemudian kawasan industri di Morowali yang dikembangkan seluas 2.000 hektare dengan jumlah kebutuhan pegawai sekitar 80.000 hingga tahun 2025. Kabupaten Morowali memiliki potensi sumber daya nikel yang cukup besar sehingga punya prospek untuk mengembangkan industri berbasis nikel.

“Untuk menunjang pengolahan lebih lanjut dari nikel tersebut. diperlukan sarana dan prasarana industri sehingga produk-produk turunan dari industri pengolahan nikel tersebut dapat memiliki daya saing,” lanjutnya. (mg4/wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button