Nusantara

Lima Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Banten akan Dikirim ke Pusat

INDOPOSCO.ID – Lima pemuda dari sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Banten terpilih menjadi Pemuda Pelopor Banten. Kelima pemuda terpilih selanjutnya akan dikirim ke pusat untuk mengikuti kegiatan serupa tingkat nasional.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Ahmad Syaukani, Kamis (9/9/2021) mengatakan, kelima pemuda yang terpilih sudah melalui rangkaian kegiatan seleksi Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Banten tahun 2021.

“Kegiatan seleksi dilaksanakan pada 3 – 4 September 2021 di D’Gria Hotel, Jalan Yusuf Martadilaga No. 17 Kota Serang. Rangkaian seleksi dilanjutkan dengan kegiatan fact finding pada 6 – 7 September 2021, khusus untuk kandidat yang akan dikirim ke tingkat nasional,” ujarnya.

Pada awalnya, jelas Syaukani, kegiatan seleksi diikuti sebanyak 21 peserta utusan terpilih dari kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

Adapun materi sosialisasi disampaikan oleh Plt. Kepala Dispora Provinsi Banten dan akademisi dari perguruan tinggi.

Sementara, tim penilai terdiri atas unsur Dispora Provinsi Banten, akademisi dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) psikolog dari RSUD Drajat Prawiranegara, praktisi dari Pemimpin Redaksi Radar Banten, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten.

Pada tahap fact finding melibatkan tim yang terdiri atas Dispora Provinsi Banten, dinas yang menangani kepemudaan di kabupaten/kota, dan tim juri seleksi.

“Hasil dari seleksi dan fact finding terpilih lima kandidat Pemuda Pelopor Provinsi Banten yang selanjutnya akan dikirim ke tingkat nasional untuk mengikuti pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2021,” kata Syaukani.

Utusan Provinsi Banten, kata Syaukani, akan mengikuti seluruh bidang lomba yang terdiri atas bidang pendidikan, bidang agama, sosial dan budaya, bidang sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata, bidang pangan, dan bidang inovasi teknologi.

Berikut adalah nama pemenang dan bidang lomba. Pertama Sarnata, peserta asal Kabupaten Pandeglang mewakili Banten untuk mengikuti lomba bidang pangan, dengan judul proposal “Optimalisasi Potensi Lokal dengan Diversifikasi Produk”.

Kegiatan kepeloporan pada konsep gagasan produk pangan lokal harus berkembang dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Bergerak di bidang pangan gula aren pada komunitas wirausaha di Kampung Ciluluk RT/RW. 007/004, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button