Nusantara

Kejati Banten Luncurkan Aplikasi Silemper, Wagub Andika Dorong Jadi Pilot Project

INDOPOSCO.ID – Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy mendorong aplikasi Sinergitas Lembaga dan Institusi Pemerintah (Silemper) yang diluncurkan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten menjadi pilot project dan menjadi prototipe yang bisa ditiru oleh daerah lain.

Hal itu disampaikan Andika ketika mengikuti peluncuran aplikasi Silemper di Gedung Kejati Banten, Kota Serang, Rabu (8/9/2021).

Andika mengaku mendorong aplikasi yang diperuntukkan bagi instansi pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Banten dalam mengakses layanan bidang perdata dan tata usaha negara di Kejati Banten. Aplikasi ini dapat menjadi role model atau prototipe bagi kejaksaan di daerah lain.

“Menurut informasi yang kami terima aplikasi ini murni inovasi Kejati Banten khususnya Bidang Datun (Perdata dan Tata Usaha Negara). Jadi kalau di Banten berhasil, tidak menutup kemungkinan akan dipakai oleh daerah-daerah lain di Indonesia,” kata Andika dalam acara peluncuran aplikasi yang dilakukan oleh Kepala Kejati Banten Reda Manthovani tersebut.

Andika mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mengapresiasi adanya aplikasi Silemper sebagai bentuk inovasi pelayanan hukum tata negara yang dilakukan oleh Jaksa Pengacara Negara (JPN) kepada pemerintah daerah.

Tugas Jaksa Pengacara Negara dalam bidang perdata maupun tata usaha negara untuk mewakili lembaga negara, instansi pemerintah di pusat/daerah, BUMN/BUMD berdasarkan surat kuasa khusus, baik sebagai tergugat yang dilakukan secara litigasi maupun nonlitigasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button