Nusantara

Bea Cukai Yogyakarta Berangkatkan 20 Kontainer Komoditi Ekspor ke Amerika

Nindra, Supervisor dari PT IGP International, mengaku bahwa saat ini penjualan sedang berada di peak season akibat persiapan perayaan Natal dan Tahun Baru. “Untuk minggu ini kita ada ekspor ke Amerika sebanyak 20 kontainer dengan nilai devisa sekitar 730.000 USD. Dan masih akan berlanjut sampai dengan minggu depan, diperkiraan kita akan ekspor lagi sekitar 30 kontainer,” ungkap Nindra.

Ekspor merupakan salah satu faktor yang turut menunjang Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang sedang digalakkan. Dengan upaya #DorongEkspor yang dilakukan pemerintah, diharapkan dapat meningkatkan devisa negara. Fasilitas Kawasan Berikat telah memberikan kemudahan impor barang yaitu dengan penangguhan bea masuk dan tidak dipungutnya PPN, PPnBM dan PPh Pasal 22. Sehingga tidak hanya efisien dalam biaya, namun juga memberikan efisiensi waktu dalam kegiatan ekspor impor.

“Di sini kami melakukan pelayanan pemasukan barang dengan dokumen BC 2.7 dan BC 2.3. Selain itu kami juga melakukan pengawasan pengeluaran barang dalam proses stuffing dan penyegelan kontainer,” ungkap Dwi Lara, pegawai Bea Cukai Jogja yang bertugas di PT IGP International. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button