Nusantara

Pemprov Banten Berupaya Perkecil Disparitas Antarwilayah

INDOPOSCO.ID – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengungkapkan salah satu isu strategis dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 adalah mengurangi disparitas pembangunan antarwilayah di Provinsi Banten.

Hal itu diungkap Gubernur WH dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Daerah (Asda) II Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten M. Yusuf dalam peresmian Vila Vanili sekaligus vaksinasi Covid-19 terhadap 2.000 orang di Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Jumat (27/8/2021).

Dikatakan, pengembangan agrowisata merupakan salah satu cara untuk memperkecil disparitas pembangunan antarwilayah tersebut. Karenanya Pemprov Banten telah membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Agribisnis Banten Mandiri untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Provinsi Banten dengan cara mengoptimalkan bisnis pertanian dan peternakan. Sehingga terjadi keseimbangan pembangunan wilayah.

Pemprov Banten menyambut baik pembangunan kawasan agrowisata dan budi daya komoditas vanili yang dikembangkan oleh Jerry Hermawan Lo (JHL) Group.

“Vila Vanili saya harapkan dapat meningkatkan pertumbuhan kawasan dan juga berdampak terhadap pertumbuhan sektor agro industri di Kabupaten Pandeglang,” baca M Yusuf.

Gubernur, lanjutnya, juga berharap ke depan Pengembangan agrowisata di Provinsi Banten dapat mengedepankan pengembangan agrowisata berbasis community base tourism. Pengelolaan destinasi wisata yang melibatkan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat untuk mengembangkan objek wisata tersebut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar destinasi wisata.

Sebagai daerah yang memiliki potensi sektor pertanian yang melimpah, diharapkan Vila Vanili bersinergi dengan seluruh stakeholder pertanian untuk mengelola rantai pasok dalam rangka pemberdayaan petani dan sektor pertanian di Provinsi Banten. Sinergi dengan BUMD Agribisnis Banten Mandiri serta BUMDes juga diperlukan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas di perdesaan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button