Nusantara

Calon Penumpang Pesawat Diduga Palsukan Surat Validasi KKP Kendari

Umi kemudian menyampaikan kepada KKP Makassar kalau validasi itu bukan dari pihaknya. Dia kemudian bertanya kepada KKP Makassar terkait nama rumah sakit yang tertera di surat validasi itu dimana tertulis Rumah Sakit Konawe, di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

“PCRnya tertera dari Rumah Sakit Konawe, saya sudah tanya Rumah Sakit Konawe, katanya tidak ada nama itu. Pas dikasih tahu semua berkasnya palsu langsung orangnya lari,” jelas dia.

Dia berterus terang secara pribadi ingin melaporkan kejadian itu kepada kepolisian, tetapi masih menunggu instruksi dari pimpinan. “Tidak mungkin saya secara individu melapor karena yang dipalsukan stempel Kementerian, tidak mungkin juga saya mau melapor sendiri,” tutur Umi.

Dia menyarankan validasi dokumen kesehatan calon penumpang di bandara tidak hanya dilakukan KKP Kendari, namun juga dilakukan pihak bandara karena secara umum dapat diakses melalui website PeduliLindungi hanya dengan memasukkan nomor NIK KTP.

“Harapannya seperti itu, karena kalau mengandalkan stempel manual dari KKP masih bisa dipalsu karena secara umum dapat diakses di akun Pedulilindungi hanya dengan NIK KTP langsung kelihatan di situ, Apakah dia sudah PCR ataupun sudah vaksin,” tutur Umi Mazidah. (mg2/wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button