Nusantara

Bea Cukai Semarang dan Satpol PP Gagalkan Pengiriman 48.000 Batang Rokok Ilegal

“Lalu kami lakukan pembukaan terhadap tiga karton dan tiga karung (plastik hitam) sisanya dan menemukan rokok SKM merek Hima dan Bossini dengan dilekati pita cukai yang diduga palsu. Pada saat pembukaan karung, bagian luar kemasan ball yang berada di dalam karung, dilapisi dengan kulit padi. Menurut keterangan pegawai pada perusahaan Indah Logistik Cargo tidak terdapat identitas pengirim maupun penerima barang tersebut,” tambahnya.

Dalam penindakan ini, masih menurut Sucipto, pihaknya berhasil mengamankan barang hasil penindakan berupa 48.000 batang rokok ilegal dengan rincian 32.000 batang dikemas dalam empat karton dan 16.000 batang dikemas dalam empat karung (plastik hitam). Adapun potensi kerugian negara yang berhasil diamankan sebesar Rp32.175.000 berupa cukai dan pajak rokok.

Dugaan pelanggaran atas perkara ini diduga melanggar Pasal 54 dan / atau Pasal 56 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 J.O. UU No.11 Tahun 1995. Atas perkara dan barang hasil penindakan selanjutnya dilakukan penelitian lebih lanjut oleh Kantor Bea Cukai Semarang. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button