Nusantara

Abaikan Rekomendasi Inspektorat, Disdik Sulsel Ternyata Masih Lakukan Tes Psikotes Bakat dan Minat Siswa PDB

Disebutkan pula masing-masing kepala sekolah mengeluh dengan adanya kegiatan tersebut, karena anggaran ini sebenarnya dapat digunakan pada hal yang lebih prioritas. Hal ini disebabkan adanya pihak yang tidak bertanggungjawab, yang mengharuskan bahwa kegiatan tersebut wajib dilaksanakan.

Inspektorat kemudian menyarankan kepada Kepala Dinas Pendidikan Sulsel menginstruksikan Kepala Cabang Dinas untuk memerintahkan secara tertulis kepada masing-masing kepala sekolah agar tahun 2021 tidak ada lagi kegiatan tes psikotes bakat dan minat siswa peserta didik baru, dan tidak terpengaruh dengan pihak yang tidak bertanggungjawab.

Dikonfirmasi, Kepala Bidang Pembinaan sekolah menengah atas (SMA)/sekolah menengah kejuruan (SMK) Dinas Pendidikan Sulsel, M Asqar, mengaku tidak tahu menahu mengenai pelaksanaan psikotes tersebut. Pasalnya, ia belum lama menduduki jabatannya.

“Maaf, saya tidak tau soal itu, karena waktu itu belum jadi Kabid,” ujarnya, Rabu (28/7).

Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Inspektorat Sulsel, Sulkaf S Latif mengatakan, pihaknya akan mengecek terlebih dahulu persoalan tersebut. Meski demikian, ia berharap agar semua organisasi perangkat daerah (OPD) mematuhi rekomendasi dari Inspektorat sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP).

“Saya akan cek dulu,” kata Sulkaf.(nas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button