Nusantara

Wujudkan Agen Perubahan di Tanah Papua

Amany Lubis mengapresiasi upaya pemerintah agar masyarakat di Papua bisa memperoleh pendidikan lebih tinggi dari beragam disiplin ilmu. Mulai dari antropologi, sosial budaya, pertambangan, teknik, agama dan lainnya.

Sehingga, lanjut dia, ketika kembali ke Papua mereka bisa membangun Papua dengan mengelola sumber daya alam hingga meningkatkan sektor pariwisata.

“Karena alam Papua sangat kaya dalam bidang wisata, etnik dan udaya. Saat ini banyak beasiswa ditawarkan bagi pelajar Papua, di antaranya beasiswa lembaga pengelola dana pendidikan (LPDP), bidik misi hingga afirmasi,” beber Amany Lubis.

Ia mengatakan, untuk mendukung upaya tersebut perlu adanya kolaborasi dengan pemerintah daerah. Salah satunya, dengan upaya peningkatan kapasitas hidup melalui peningkatan kesejahteraan dan ekonomi.

“Pembangunan dengan menggunakan pendekatan kearifan lokal Papua agar menjadi lebih baik. Pemda juga bisa dengan memberikan kesempatan baru untuk maju,” ujar Amany Lubis.

“Apalagi, ada kampus sekolah tinggi pemerintahan dalam negeri (STPDN) Papua, bisnis di Sorong, institut agama Islam negeri (IAIN) di Jayapura dan Sorong. Dengan penguatan Pancasila dan UUD 45, maka generasi muda Papua akan maju,” imbuhnya. (nas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button