Nusantara

Irigasi Berubah Fungsi, Petani di Rangkasbitung Merugi

Ia meminta kepada Pemerintah Kabupaten Lebak untuk segera memperbaiki saluran irigasi dan melakukan sedimitasi atau pengerukan lumpur, termasuk melakukan pelebaran aliran irigasi, karena saat ini sudah banyak berdiri bangunan yang juga menjadi penyebab tersumbatnya aliran air ke areal persawahan. “Kami berharap pemerintah segera memberikan solusi agar sawah disini tidak terendam air. Karena sawah ini sebagai sumber kehidupan kami,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kabupaten Lebak Dade Yan Apriyandi kepada wartawan mengatakan, areal pesawahan di Kampung Sentral tersebut bukan dipengaruhi oleh limpahan air yang dialirkan oleh jaringan irigasi, namun akibat dari drainase sepanjang dari mulai Kampung Sentral melalui Kampung Dukuh hingga muaranya di Komplek Pendidikan Barambang mengalami penyempitan.

“Lima tahun yang lalu kami bersama Dinas Pertanian pernah melakukan pengerukan di lokasi Embung yang dulu dibangun oleh Kementerian melalui BWSC3 (Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau, Ciujung Cidurian),” jelas Dade.

Ia menyarankan, agar aliran irigasi kembali normal, dilakukan sedimentasi di kampung-kampung tersebut. Selain itu, di sepanjang aliran irigasi yang banyak berdiri bangunan yang tidak ada izin harus dibongkar. (yas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button