Nusantara

Menipu Rp 17 Miliar, Jalani Persidangan

INDOPOSCO.ID – Terdakwa Joko Subidyo (64) menjalani sidang di Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjungkarang, Bandarlampung, atas perkara penipuan senilai Rp17 miliar dengan modus membantu membayarkan pajak terhadap korbannya.

“Joko didakwa penipuan,” kata Jaksa Penuntut Umum (JPU), Yusa di Bandarlampung, Senin.

Dalam dakwaannya, JPU mengungkapkan pada November 2011 saksi Sugiarto Hadi selaku Direktur PT Sumber Urip Sejati Utama yang berada di Jalan Wolter Monginsidi, Bandarlampung, mendapat surat panggilan dari penyidik pajak pusat Jakarta atas perkara penunggakan pajak PPN sebesar Rp34 miliar sejak tahun 2009 hingga 2011 yang dilakukan perusahaannya.

Atas permasalahan pajak itu, Sugiarto menghubungi terdakwa Joko Sudibyo untuk menyelesaikan permasalahannya dikarenakan terdakwa merupakan seorang rekan bisnis pupuk PT Sumber Urip Sejati Utama.

“Sugiarto pergi ke Jakarta menemui terdakwa di lobi Hotel Atlet Century. Di lokasi itu terdakwa bersama rekannya, Benny Hutagalung dan kemudian menceritakan adanya panggilan dari pajak yang kemudian mereka langsung menuju ke Kantor Pajak Pusat menemui Dadang Suwarna, selaku Direktur Pemeriksaan Direktorat Jenderal Pajak,” katanya.

Jaksa melanjutkan, dalam pertemuan itu Dadang memanggil Rida Handani selaku Kasubdit Pemeriksaan Pajak untuk menjelaskan terkait pajak dan mengatakan kepada Sugiarto agar mengembalikan kerugian negara sesuai dengan faktur pajak.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button