Nusantara

Terendam Banjir, 10 Hektare Tembakau Terancam Gagal Panen di Pamekasan

INDOPOSCO.ID – Warga tiga kecamatan, yakni Pademawu, Larangan, dan sebagian Galis, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, terancam gagal panen tembakau sekitar 10 hektare lantaran wilayah tersebut tergenang banjir akibat hujan deras mengguyur wilayah tersebut dalam dua hari terakhir.

Banyak tanaman tembakau mati sehingga petani terpaksa menanam ulang dengan bibit tembakau baru. Namun, jika hujan turun dengan deras hingga menyebabkan genangan maka tembakau bisa mati.

“Hampir seribu pohon yang terpaksa kami cabut dan harus ditanam ulang dengan bibit tembakau yang baru, karena mati tergenang banjir seperti ini, “ kata Fajar, salah satu warga sembari menunjuk genangan air di lahan tembakau miliknya.

Fajar, salah satu petani tembakau di Desa Tobungan, Kecamatan Galis yang lahannya terdampak genangan banjir akibat hujan deras mengguyur wilayah itu. “Sebagian ada yang mengurus genangan dengan menggunakan mesin genset. Tapi karena tidak punya, ya terpaksa dibiarkan,” ujar ayah dua orang anak ini.

Selain di Kecamatan Galis, lahan tembakau yang banyak tergenang banjir juga terjadi di Desa Montok, Kecamatan Larangan dan sejumlah desa di Kecamatan Pademawu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button