Nusantara

Melalui Sosialisasi, Bea Cukai Paparkan Regulasi Kepabeanan

Lebih jelasnya, talk show bersama tersebut membahas tentang prosedur tindakan karantina dan penerbitan dokumen pemasukan (impor dan antar area) yang berlaku di Indonesia terutama wilayah Kediri dan sekitarnya. ”Keseluruhan prosedur yang diterapkan bertujuan untuk mencegah masuk dan tersebarnya hama dan penyakit hewan serta mikro organisme pengganggu tumbuhan dari luar negeri, dan juga merupakan bentuk pengawasan terhadap keluar masuknya tumbuhan dan satwa liar maupun langka dari dan ke wilayah Republik Indonesia,” tambah Hendratno selaku Humas Bea Cukai Kediri.

Di sisi lain, Imigrasi Batam lakukan studi banding ke Bea Cukai Batam terkait sistem teknologi informasi. Pada kesempatan ini, Bea Cukai dan Imigrasi Batam mencoba berbagi dan saling bertukar informasi terkait sistem teknologi informasi yang digunakan masing-masing instansi. Materi yang disampaikan dalam studi banding ini meliputi sistem IT pada Bea Cukai Batam, manifes, dan sistem passenger risk management (PRM).

“Kegiatan ini merupakan ajang untuk saling belajar sekaligus meningkatkan sinergi antara Bea Cukai dan Imigrasi sebagai instansi yang saling berkaitan di border (batas negara), serta dapat meningkatkan keandalan sistem teknologi informasi dari masing-masing instansi,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Susila Brata. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button