Nusantara

BPK Ingatkan Pemda-Pemda Jangan Hanya Fokus Kejar Penyerapan Anggaran

Untuk itu, ia saat menjadi Ketua Badan Anggaran DPR RI dirinya mendorong perbaikan konsideran anggaran sehingga baik pemerintah pusat dan daerah mempunyai “tools” yang kuat dalam menyusun baik melalui anggaran itu maupun kebijakan. Penilaian IPM sebuah daerah terdapat tiga indikator utama, yaitu kesehatan, tingkat pendidikan dan ekonomi.

Sementara Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, anggaran daerah Kota Pontianak pemanfaatannya salah satunya dengan fokus ke infrastruktur yang dapat mendongkrak ekonomi lokal.

“Karena Kota Pontianak tidak ada sumber daya alam seperti tambang dan perkebunan, maka fokus anggaran untuk kegiatan yang dapat mendongkrak ekonomi lokal,” ujar Edi Rusdi Kamtono yang juga Wakil Ketua Dewan Penasehat MW KAHMI Provinsi Kalbar.

Ia mencontohkan pembangunan waterfront di Kota Pontianak yang terus dilanjutkan sehingga dapat mendorong UMKM untuk memanfaatkan kawasan wisata tersebut.

Ia mengakui, pandemi Covid-19 membuat sejumlah indikator kesejahteraan di Kota Pontianak mengalami penurunan. Misalnya kenaikan angka pengangguran terbuka yang kini berada di kisaran 12 persen dari total jumlah penduduk meski angka kemiskinan mengalami penurunan dari 4,6 persen menjadi 4,2 persen. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button