Nusantara

Tinjau Kepulangan Buruh Migran, Khofifah Datangi Lokasi Karantina

INDOPOSCO.ID – Untuk meninjau penanganan kepulangan buruh migran yang habis masa kontrak, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa beserta Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim mengunjungi lokasi karantina pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Madiun.

“Penanganan PMI yang habis kontrak cukup ketat. Setiba di Bandara Juanda langsung kita jemput untuk dilakukan isolasi sekitar tiga hari dan kita lakukan swab. Swab PCR ya, bukan swab antigen,” ujar Gubernur Khofifah dalam kunjungan kerjanya di Sanggar Pramuka Kabupaten Madiun di Kecamatan Jiwan yang digunakan sebagai tempat isolasi, Sabtu (8/5/2021) sore.

Menurut dia, setelah hasilnya negatif, maka akan dilakukan penjemputan petugas dari daerah asal. Tetapi memang tidak langsung diantarkan ke rumah. Tetapi dilakukan isolasi kembali terlebih dulu di daerah asal selama beberapa hari dan dilakukan pemeriksaan lagi.

“Setelah hasilnya negatif Covid-19 dan memang dalam kondisi sehat, baru kita kembalikan kepada pihak keluarga,” ucap mantan Mensos ini.

Ia menjelaskan penanganan PMI memang sedikit berbeda. Hal itu untuk meminimalkan penyebaran Covid-19 varian baru. Seperti diketahui muncul berbagai varian baru Covid-19 di beberapa negara.

Sementara PMI tersebut merupakan WNI yang bekerja di luar negeri. Karenanya, setiap kedatangan PMI wajib dipastikan kesehatan-nya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button