Nusantara

Rumpon Nelayan Ditabrak Kapal Pemasang Fiber Optic Telkom

INDOPOSCO.ID – Sebuah kapal pemasang kabel fiber optik PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) saat akan menuju pantai Kilo 8, Kelurahan Tanjung Tuwis, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Sabtu (8/5/2021) diketahui menabrak rumpon nelayan.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan kapal dengan nama Dnex Pacific Line, Jakarta berwarna oranye itu tiba di Kilo 8, Sabtu dini hari. Kedatangan kapal yang dikawal personel TNI tersebut sempat menghebohkan warga sekitar.

Sebab, sejumlah pemilik rumpon dikabarkan protes atas kejadian tabrakan rumpon oleh kapal pemasang kabel fiber optik bawah laut ini. Meski begitu, belum diketahui pasti jumlah rumpon yang ditabrak kapal Dnex Pacific Line. “Iya, semalam sempat ramai itu. Karena ada rumpon nelayan yang ditabrak kapal,” ujar Dino, warga setempat.

Meski begitu, dia tidak mengetahui pasti berapa jumlah rumpon yang tertabrak kapal, Ia hanya memastikan jika kedatangan kapal sempat membuat heboh warga sekitar.

Sementara itu, Arlon Nurdin, salah satu petugas Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Klas II Luwuk, saat dikonfirmasi terkait insiden tabrakan rumpon membenarkan. Arlon menyebut bahwa tabrakan rumpon tak bisa dihindari karena letaknya yang tak beraturan.

Ia menyatakan kondisi rumpon yang ada di perairan Luwuk, sudah seharusnya dilakukan penataan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Banggai. Sebab, rumpon yang ada sangat mempengaruhi arus lalu lintas laut. “Iya, ada tabrakan dengan rumpon nelayan. Ini yang harus disikapi instansi terkait. Penataan letak rumpon dan sosialisasi kepada pemilik rumpon terkait jalur lalu lintas laut,” paparnya dilansir Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button