Nusantara

Pemkot Serang Tertarik Gunakan GeNose di Sekolah Tatap Muka

Teknologi buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu digadang-gadang akurasi dalam mendeteksi virus corona. Pemeriksaan hanya butuh 3 menit untuk mengeluarkan hasil. Dengan biaya tes sekitar Rp15 ribu per tes. Sedangkan harga satu unit alat deteksi itu sekitar Rp60 juta.

Alat ini bekerja secara cepat dan akurat mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama nafas seseorang. Nafas orang diambil diindera melalui sensor-sensor dan kemudian diolah datanya dengan bantuan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk pendeteksian dan pengambilan keputusan.

“GeNose juga nggak cepat, yang paling cepat ther mogun sebagai deteksi awal. Bisa saja GeNose digunakan untuk Juli awal buka sekolah,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Wasis, sekolah harus mengirimkan surat resmi kesiapan pembelajaran tatap muka kepada Dindikbud. Kemudian, izin orantua sebagai acuan siswa belajar di sekolah.

“Sekolah menyatakan siap terlukis kepada dindik. Orangtua penentu izin. Kami sangat flesibel, yang orangtua nggak setuju, anaknya bisa belajar Daring atau Luring,” terangnya. (son)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button