Nusantara

“Core Business” BUMD Agrobisnis Banten Dipertanyakan

“Salah satu produk unggulan di Banten adalah padi. Namun, saat ini, padi penuh dengan problematika mulai dari persoalan pupuk, resistensi terhadap praktik ijon, hilangnya gabah dari Banten saat panen, karena belum ada pengelolaan tata niaga yang jelas dan menguntungkan petani,” ujarnya.

Ikhsan berpendapat, BUMD Agrobisnis Banten seharusnya mampu menjadi lembaga yang dapat melindungi harga hasil panen petani, menjadi patner bisnis petani, agar padi yang dipanen dapat menjadi produk unggulan Banten.

“Kita berharap, PT ABM sebagai BUMD di Banten mampu berdiri professional, berpihak pada produk petani lokal, membangun bisnis dengan mengangkat potensi yang ada di Banten,” ujarnya.

Ikhsan mengingatkan PT ABM untuk tidak sekadar menghabiskan anggaran dari APBD Banten, sama seperti BUMD lainnya yang hanya menghabiskan anggaran untuk studi banding.

“Jangan sampai nasib PT ABM sebagai BUMD sama seperti BUMD milik Pemprov Banten lainnya, yang hanya menghabiskan anggaran untuk studi banding, biaya operasional, membeli kendaraan dinas yang mentereng dan sibuk mengurus bisnis masing-masing personelnya, dengan memanfaatkan dana APBD,” pungkasnya. (dam)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button