Nusantara

Empat Kebakaran Hutan di Sumbar karena Cuaca Panas

Akan tetapi sejauh ini Rumainur melihat penanganan yang dilakukan oleh BPBD di empat kabupaten itu sudah sangat baik. Hanya saja karena lahan yang terbakar adalah lahan gambut, memang afa kendala terutama soal akses armada menuju titik lokasi kebakaran lahan.

“Seperti di Agam itu, kendalanya tim sulit membawa armada hingga sampai ke lokasi, karena lahannya gambut. Jadi yang bisa lewat adalah berjalan kaki serta naik motor,” katanya.

Melihat sebaran karhutla di Sumbar yang terus meluas tersebut BPBD meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah, pasca panen, serta pembukaan lahan baru.

Pihaknya berharap agar seluruh pihak berperan aktif untuk terus menyosialisasikan pentingnya untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan karhutla.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi mengatakan pihaknya mengintensifkan patroli hutan untuk meminimalkan potensi kebakaran hutan.

“Kita juga ikut sertakan Masyarakat Peduli Api untuk mengimbau masyarakat tidak membakar lahan saat kemarau ini,” katanya. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button