Nusantara

Komisi Informasi DKI Tingkatkan Inovasi Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik

INDOPOSCO.ID – Transparan sebagai salah satu pilar dalam perjuangan demokratisasi di negeri ini dan sebagai amanat dalam Pasal 28 F UUD 1945 yang menjamin hak seluruh warga negara untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi, maka informasi merupakan hal utama sebagai salah satu cara pemenuhan hak masyarakat.

Bersamaan dengan itu, UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menyediakan aturan terkait transparansi informasi. Sebagai perwujudan dari amanat itu maka KI DKI periode 2020-2024 mengambil peran untuk memberikan jembatan bagi terwujudnya informasi yang akurat tersebut.

Ketua Komisi Informasi DKI Jakarta Harry Ara Hubatara mengatakan, dibutuhkan peran langsung dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk menyediakan layanan informasi publik yang transparan, akuntabel dan dapat dipercaya.

Sebagai kunci utama penyedia layanan informasi dan menyajikan data serta dokumentasi informasi, kapasitas PPID perlu ditingkatkan. Penyelenggaraan negara akan sempurna, menurutnya, apabila melibatkan masyarakat untuk pengawasan kebijakan publik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button