Nusantara

Warga Baduy Berharap Covid-19 Segera Berlalu

INDOPOSCO.ID – Lembaga adat Baduy merasa terpanggil untuk membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Karena itu pemuka adat Baduy berkumpul untuk berdoa agar penyebaran wabah Covid-19 hilang di atas bumi itu.

“Kami berharap doa itu dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Tetua adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes Kabupaten Lebak Jaro Saija seperti dikutip Antara, Minggu (14/2/2021).

Pemuka lembaga adat Baduy berkumpul di Hutan Cibongkok, kawasan Baduy sambil memanjatkan doa-doa khusus untuk keselamatan, kesejahteraan, keamanan dan kedamaian bangsa. Selain itu mereka juga berdoa agar bangsa ini dibebaskan dari wabah pandemi Covid-19 yang melanda bangsa Indonesia dan dunia.

Acara itu dihadiri pemuka adat Baduy seperti jaro tanggungan 12, sebagian paranormal, dangka sirahdayeuh, dangka carungeun dan dangka singkalayeuh dengan doa khusyuk agar terkabulkan. “Kami berharap ritual doa yang dilaksanakan lembaga adat itu bisa terkabulkan agar bangsa itu terbebas dari wabah pandemi Covid-19,” katanya.

Masyarakat Baduy Dalam yang tersebar di Kampung Cibeo, Cikeusik dan Cikawartana mulai 13 Februari hingga 14 Mei 2021 menutup diri dari wisatawan karena tengah melaksanakan ritual Kawalu selama tiga bulan.

Selama ritual Kawalu, mereka fokus pada ketenangan dan ketentraman sehingga wisatawan tidak diizinkan berkunjung. Selain itu, warga Baduy Dalam juga dilarang menggelar perkawinan, sunatan anak yang bisa menimbulkan keramaian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button