Nusantara

Mau Wisata Religi di Bogor, Tempat Ini Sangat Direkomendasikan

INDOPOSCO.ID – Matahari baru saja terbit. Udara dingin terasa menusuk tulang. Nampak dari kejauhan sekumpulan pesepeda tengah beristirahat di depan Vihara Buddha Dharma dan 8 Pou-sat atau lebih dikenal sebagai Vihara Buddha Tidur.

Sejak 2015 lalu, Vihara Buddha Tidur diresmikan Pemerintah daerah (Pemda) Bogor sebagai salah satu destinasi wisata religi di Kabupaten Bogor. Destinasi yang berada di Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor ini banyak dikunjungi masyarakat.

Setiap akhir pekan Vihara ini menjadi tempat singgah para pesepeda dari wilayah Cibinong dan sekitarnya. Mereka banyak menghabiskan waktu untuk berswafoto atau sekadar melihat-melihat.

Berita Terkait

“Bagus banget tempatnya. Tidak salah singgah di Vihara Buddha Tidur ini,” ujar salah seorang pesepeda.

Tak saja dikunjungi masyarakat, Vihara Buddha Tidur menjadi tempat sembahyang umat Khonghucu dari Bogor dan sekitarnya. Bahkan, setiap Tahun Baru Imlek, Vihara ini juga menjadi pusat perayaan masyarakat Tionghoa dari Jakarta, Bogor dan sekitarnya.

“Sejak pandemi, kami membatasi umat untuk beribadah,” ujar Pendiri Vihara Buddha Tidur Ade Utju Dhanu, Sabtu (13/2/2021).

Pria yang mengaku pernah mengenyam pendidikan di Universitas Prof Dr Moestopo itu mengaku, pembangunan patung Buddha Tidur dimulai 2008 lalu. Dengan menghabiskan 500 sak semen dan 20 kaleng cat. “Pembuatan patung Buddha tidur selesai 2 tahun,” katanya.

Pria kelahiran Jakarta, 1 Januari 1945 ini mengklaim patung Buddha tengah melakukan meditasi dengan posisi tidur tersebut merupakan patung terpanjang di Indonesia. Keinginan Ade membuat patung diperoleh saat melakukan meditasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button