Nusantara

Gawat, 27 Pelajar dan Guru SMA di Manggarai Positif Covid-19

”Sekretaris desa setempat mendapat informasi bahwa anak-anak (siswa) SMA St. Klaus yang berasal dari wilayah Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Timung, melakukan rapid test secara mandiri di klinik swasta (dr Maria, red) pada Rabu (10/2/2021) dan hasil pemeriksaan ada tiga orang siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19. Tim Satgas Covid-19 PKM Timung telah melakukan kunjungan ke rumah tiga siswa/siswi tersebut untuk mendapatkan pemantaun dan penanganan kesehatan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Lodovikus, pada Jumat (12/2/2021), PKM Wae Kajong juga melaporkan hal yang sama, di mana satu siswa SMA St. Klaus Kuwu, yang terlanjur pulang ke rumah orang tua juga dinyatakan positif Covid-19.

Lodovikus menjelaskan, langkah-langkah penanganan dan pencegahan, demi memutus rantai penularan Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai bekerja sama dengan pihak yayasan, mengambil keputusan agar semua siswa/siswi penghuni asrama yang terkonfirmasi positif Covid-19 dilakukan isolasi/karantina terpusat di asrama SMA St. Klaus Kuwu di bawah pemantauan Tim Kesehatan Satgas Covid-19 Puskesmas Waembeleng dan pihak yayasan.

”Bagi siswa/siswi SMA yang dianggap sehat oleh pihak yayasan dan terlanjur dipulangkan ke rumah orang tua mereka masing-masing, diimbau untuk melakukan rapid test antigen dan tetap menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai, telah meminta bantuan Satgas Covid-19 tingkat kecamatan (tim kesehatan puskesmas) dan tingkat desa agar melakukan pengawasan/pemantauan, serta meminta setiap siswa SMA St. Klaus Kuwu yang berada di wilayah kerjanya masing-masing, untuk diarahkan dilakukan rapid test antigen, dan diwajibkan melaksanakan isolasi secara mandiri.

Lodovikus mengatakan, untuk mempermudah proses pelacakan, selain melalui Satgas Covid-19 tingkat kecamatan (tim kesehatan di puskesmas), Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai (tim kesehatan Dinas Kesehatan) akan melakukan rapid test antigen massal yang akan dilaksanakan Senin (15/2/2021), pukul 10.00 Wita bertempat di Stadion Golo Dukal, Kelurahan Bangka Leda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. (dam)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button