Nusantara

Ekspor Produk Perikanan Dioptimalkan Bea Cukai di Masa Pandemi

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai aktif mendorong ekspor produk perikanan di berbagai daerah, seperti yang terlaksana di Ambon dan Timika.

Bea Cukai Ambon memfasilitasi ekspor ikan tuna segar utuh menuju Jepang milik PT Peduli Laut Maluku, pada 6 Januari 2021. Disaksikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dan Gubernur Maluku Murad Ismail pelepasan eskpor 59 boks fresh tuna whole dengan berat netto 6,255 ton ini tercatat menghasilkan devisa hasil ekspor (DHE) sebesar 3.112.500 Yen.

Sebelumnya, pada 3 Februari 2021, Bea Cukai Ambon juga memfasilitasi ekspor perdana kepiting hidup sebanyak 19 boks dengan netto 515 kilogram (kg) dari UD Irwin Tanralili tujuan Singapura.

Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, Saut Mulia mengatakan, perjalanan UD. Irwin untuk berhasil menjadi eksportir komoditi perikanan patut diapresiasi. “Bagaimana tidak, dengan mengantongi NIB (nomor induk berusaha) sebagai eksportir yang terbit pada 29 Januari 2021, yang bersangkutan tidak buang waktu lagi. Hari kerja pertama di bulan Februari, tanggal 1 Februari UD. Irwin Tantralili langsung mengajukan permohonan untuk mendapatkan modul PEB (pemberitahuan ekspor barang) ke Bea Cukai Ambon dan di hari kerja berikutnya, tepatnya tanggal 2 Februari langsung minta diasistensi untuk pembuatan atau pengisian PEB di Bea Cukai Ambon,” jelas Saut, dalam keterangannya, Selasa (9/2/2021).

Setelah menyelesaikan perizinan Health Certificate melalui portal LNSW, persetujuan ekspor dapat terbit. “Di sinilah wujud sinergi Tim Percepatan Ekspor Maluku terbukti, kerja sama antar instansi (Bea Cukai, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, dan BKIPM Ambon) dapat membantu, memfasilitasi, dan mengatasi bersama setiap permasalahan yang dihadapi eksportir, terutama eksportir baru,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button