Nusantara

Serahkan LKPD 2020 ke BPK, Wahidin Halim: Informasinya Provinsi Banten Paling Cepat se-Indonesia

Mantan Wali Kota Tangerang menjelaskan, Pemprov Banten sudah menindaklanjuti dan melaksanakan rekomendasi dari BPK dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait LKPD Provinsi Banten 2020. “Rekomendasi dari BPK dan BPKP, langsung segera ditindaklanjuti sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Wahidin mengakui tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi dirinya sebagai seorang birokrat akibat adanya pandemi Covid-19. Dia memaparkan bahwa pada APBD 2020, realisasi pendapatan sebesar Rp 10,33 triliun atau 98,71% dari anggaran. Realisasi belanja sebesar Rp 10,06 triliun atau 93,86% dari anggaran.

Selanjutnya penerimaan pembiayaan sebesar Rp 1,78 triliun atau 98,61% dari anggaran. pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 1,56 triliun atau 100% dari anggaran. Sedangkan sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) sebesar Rp 497 miliar atau turun dibandingkab tahub 2019 yang mencapai Rp 957 miliar.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Banten Arman Syifa mengapresiasi Gubernur Banten Wahidin Halim yang telah menyerahkan LKPD Provinsi Banten 2020 (unaudited) sebagai bentuk komitmen kepala daerah. “Sampai sekarang, saya belum mendengar ada Gubernur yang telah menyerahkan LKPD tahun 2020,” ujarnya.

Arman menjelaskan, di BPK sebelum penyerahan LKPD ada prosedur analitis terhadap LKPD, apakah laporan yang akan diserahkan sudah siap diperiksa.

“Kesimpulan kami, LKPD Provinsi Banten 2020 (unaudited) sudah siap untuk diperiksa. Tentu saja yang kami periksa adalah keseluruhan, asersi manajemen yang dikandung dalam laporan itu, termasuk pengelolaan anggaran selama tahun 2020. Terkait masalah refocusing dan segala macam terkait dengan pandemi juga merupakan hal yang kami perhatikan,” ujar Arman. (dam)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button